Jumat, 22 November 2013

KEUTAMAAN SHALAT JAMA’AH.



KEUTAMAAN SHALAT JAMA’AH.
Shalat Jamaah adalah shalat yang dilakukan secara bersama-sama  dan lebih dari satu orang serta ada yang bertindak sebagai iman dan yang lainnya makmum. Shalat berjamaah terutama dilakukan untuk shalat wajib atau shalat sunat yang telah ditentukan.
Shalat jamaah memiliki keutamaan yang sangat besar. Hadist dari Abu  Hurairah RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda yang artinya: “Shalat jamaah itu (fahalanya) melebihi shalat sedirian di rumahnya dan shalatnya di dalam pasar dengan dua puluh lima derajad. Karena sesungguhnya jika salah seorang diantara kalian berwudhu’ lalu membaguskan wudhu’nya dan mendatangi mesjid, dia tidak berkeinginan lain kecuali shalat, maka ia tidak mengayunkan satu langkahpun melainkan Allah meninggikannya dengan satu derajad karenanya dan dihapuskan satu kesalahan darinya, sehingga ia masuk mesjid. Dan jika sudah masuk mesjid maka ia senantiasa dalam shalat selagi shalat itu menahan dirinya dan para malaikat berdoa baginya selagi ia tetap berada ditempat duduknya yang disitu dia akan shalat: ‘ya Allah, ampunilah dosanya, ya Allah rahmatilah dia’ selagi dia tidak berhadas”. (Ditakhrij oleh Al-Bukhari dan Muslim).
Menurut ulama ahli hadist, makna dari sabda Nabi: “dan, jika sudah masuk mesjid, maka dia senantiasa dalan shalat”, artinya dia berada dalam hukum orang yang sedang shalat, dilihat dari fahala yang diperolehnya. Adapun sabda Beliau “selagi shalat itu menahan dirinya”, artinya, tidak ada yang menahannya untuk keluar dari mesjid kecuali karena menunggu pelaksanaan shalat wajib.
Hadist lari dari Abdurrahman bin Abu Amrah, ia berkata, Ustman bin Affan masuk mesjid sesudah shalat maghrib. Dia duduk sendirian dan akupun duduk di dekatnya. Dia berkata, “wahai anak  saudaraku, aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: “barang siapa shalat isya berjamaah maka seakan-akan ia shalat setengah malam, dan barang siapa shalat shubuh secara berjamaah, maka seakan-akan dia shalat semalam suntuk”. (Diriwayatkan oleh Muslim).
Saudaraku. Betapa besarnya fahala dan keutamaan shalat berjamaah di mesjid dibandingkan dengan shalat sendirian. Lebih lagi keutamaan shalat berjamaah untuk shalat Isya dan Subuh. Pada hal kegiatan itu sangat mudah dilakukan. Wallahu a’lam. (Eshar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar